Pertanyaan Seks dari Anak dan Cara Menjawabnya

Orangtua kerap terkaget-kaget jika si kecil bertanya hal-hal yang terkait seks. ‘Ibu penis itu apa?’, ‘Apa penis bisa copot?’, ‘Kenapa anak laki pipis sambil berdiri?’, ‘Kenapa ibu punya payudara?’. Cari tahu bagaimana cara menjawabnya.

Kemajuan teknologi membuat anak mudah mendapat informasi dari mana pun. Jadi jangan heran jika anak-anak sekarang sangat kritis dan selalu ingin tahu mengenai segala hal termasuk tentang seks dan organ pribadinya.

Karena itu orangtua harus mulai mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan seputar hal tersebut. Hal ini untuk menghindari anak mencari tahu dari sumber yang salah sehingga bisa membuat persepsi yang salah mengenai seks.

Seperti dikutip dari buku Questions Kids Ask About Sex, karangan J. Thomas Fitch dan Melissa R. Cox, yang diterbitkan ANDI, Kamis (3/6/2010) ada beberapa pertanyaan seputar seks yang biasanya diajukan oleh si kecil dan cara menjawab bagi orangtuanya, yaitu:

Contoh pertanyaan dan jawaban untuk anak-anak di bawah 5 tahun (balita):

Dari mana aku berasal?
Kebanyakan balita selalu menanyakan dari mana ia datang dan bagaimana ia diciptakan. Tapi orangtua juga harus mengetahui apa yang ingin diketahui oleh anaknya. Jika si kecil ingin tahu mengenai proses kelahiran maka orangtua bisa menjawab dengan “Kamu tumbuh di dalam perut ibu dan semua ibu punya tempat khusus di mana bayi bisa tumbuh di dalamnya. Tempat tersebut dinamakan rahim atau kandungan, jika waktunya sudah siap maka kamu akan keluar dari perut ibu”.

Bagaimana caranya bayi keluar?
Ibu bisa menjawab, “Para ibu memiliki lubang khusus di antara kedua kakinya yang disebut dengan vagina, ditempat itulah bayi akan keluar ketika waktunya sudah tiba”.

Bagaimana bayi masuk ke dalam tubuh?
“Ibu membuat telur yang sangat kecil-kecil di dalam tubuhnya. Kemudian telur itu akan keluar, dan jika bertemu dengan sperma dari ayah maka telur itu mulai tumbuh menjadi bayi. Karenanya untuk menghasilkan bayi dibutuhkan ayah dan ibu”.

Apakah aku juga akan punya bayi?
Jika anak perempuan yang menanyakan hal ini, maka bisa menjawab “Ya, ketika kamu dewasa dan menikah mungkin kamu akan memiliki bayi”. Tapi jika anak laki-laki yang bertanya, maka bisa menjawab, “Tidak bisa, anak laki-laki tidak memiliki tempat khusus untuk bayi seperti yang ada pada perempuan”.

Mengapa ibu punya payudara?
“Ibu memiliki payudara untuk menyusui bayinya yang baru lahir, karena ASI (air susu ibu) adalah makanan terbaik untuk bayi”.

Apa itu penis?
“Penis adalah bagian tubuh yang berbentuk seperti jari dan menggantung di antara kedua kaki anak laki-laki atau lelaki dewasa, penis ini akan bertambah besar seiring pertumbuhan anak laki-laki tersebut. Dengan bagian tubuh itu, laki-laki bisa buang air kecil”.

Apa penisku bisa lepas?
“Tidak bisa, penis akan selalu menjadi bagian dari tubuh. Bagian ini sama seperti hidung atau telinga yang akan bertambah besar tapi tidak akan terlepas”.

Bolehkah temanku memegang penisku?
“Tidak boleh. Penis adalah bagian tubuh yang hanya menjadi milik orang tersebut dan merupakan milik pribadi. Tak seorangpun boleh memegangnya, kecuali ada masalah pada penis sehingga perlu diperiksa oleh dokter atau orangtua. Selain itu kamu juga tidak boleh memegang penis temanmu, atau vagina teman perempuanmu”.

Apa itu vagina?
“Vagina adalah bagian tubuh perempuan yang digunakan untuk buang air kecil. Vagina merupakan jalan keluarnya bayi jika seorang perempuan sudah dewasa”.

Mengapa aku punya pusar?
“Pusar adalah tempat tali pusar tersambung saat masih berada di dalam perut ibu. Pusar itulah yang membantu bayi untuk makan dan minum saat dikandungan”.

Kenapa anak perempuan pipis sambil jongkok di kamar mandi?
“Anak perempuan ke kamar mandi sambil berjongkok atau duduk karena alat kelaminnya berada di dalam tubuh, dan saluran kemihnya (saluran tempat keluarnya air seni) berada di antara kedua kakinya”.

Kenapa anak laki-laki pipis sambil berdiri?
“Anak laki-laki pergi ke kamar mandi sambil berdiri karena saluran kemihnya berada di penis. Karena penis berada di luar tubuh, maka anak laki-laki dapat buang air kecil sambil berdiri. Tapi anak laki-laki akan jongkok atau duduk jika buang air besar”.

Bagaimana jika anak bertanya apa itu seks atau bercinta?
Menurut J. Thomas Fitch anak tahu istilah ini biasanya mendengar dari orang yang lebih tua, atau dari televisi. Jika anak tanya apa itu seks, menurut Thomas sebaiknya orangtua bisa balik bertanya dulu. “Menurut kamu apa itu seks?”, “Apa yang sudah kamu dengar tentang seks?”. Dari jawaban anak akan memberi petunjuk mengenai apa yang telah didengarnya dan membantu orangtua bagaimana harus menjawabnya.

Jika anak menunjukkan keingintahuan tapi hanya samar-samar info yang diperolehnya bisa diberikan jawaban, “Bercinta adalah cara ayah dan ibu menunjukkan bahwa kami saling mencintai dan kami akan saling memeluk erat”. Tapi jika anak sudah mengerti sedikit bisa diberi penjelasan, “Ketika ayah dan ibu bercinta, ayah memasukkan sperma ke dalam tubuh ibu dengan cara ini seorang bayi bisa dibuat”.

Http://semua-nyata.blogspot.com/2010/06/pertanyaan-seks-dari-anak-dan-cara.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: